Latest News

Menyiasati Peluang Usaha Tahun 2014

Menyiasati Peluang Usaha Tahun 2014
Bagaimana menyiasati peluang usaha tahun 2014? Menjalankan sebuah usaha baru sebenarnya gampang-gampang susah. Dibilang gampang karena memang gampang, dan Anda bisa melihat buktinya di lingkungan sekitar rumah Anda. Banyak tetangga, teman, atau saudara yang sukses dengan usaha yang dijalankannya.

Saya yakin kalau anda bertanya kepada mereka tentang kiat suksesnya maka akan dijawab dengan enteng bahwa kuncinya adalah kesungguhan dan tidak pantang menyerah. Inilah pentingnya Anda untuk menyiasati peluang usaha 2014 yang ada.

Coba saja anda memperhatikan kisah perjalanan para wirausahawan yang telah berhasil, tidak satupun yang meraihnya dalam waktu relatif singkat. Kebanyakan atau sebagian besar menyatakan bahwa mereka sukses setelah melalui perjalanan yang panjang. Malah banyak pula yang harus bangkrut sebelum kemudian bangkit dan meraih keberhasilan.

Tips Menyiasati Peluang Usaha Tahun 2014

Bagi sebagian orang, merintis atau memulai sebuah usaha bisa dikatakan sulit. Ini karena kita terlalu membayangkan hal-hal yang negatif, seperti tidak ada bakat usaha, pengetahuan teknis yang nol atau kerugian yang akan ditanggung apabila gagal. Ya, bagaimana tidak sulit kalau kita tidak pernah mencoba menjalankannya. Yang membuat sulit adalah bayangan dan kekhawatiran itu.

Kewirausahaan bukanlah soal bakat ataupun keahlian. Banyak pengusaha yang anak-anaknya malah tidak tertarik untuk terjun ke dunia usaha. Begitu juga tidak sedikit pengusaha sukses yang tidak pernah menyangka akan berhasil di dunia usaha, apalagi orang tua, saudara, kakek moyangnya tidak ada satupun yang terjun ke dunia usaha.

Bila Anda ingin jadi pengusaha, lakukan langkah nyata. Sebab, kewirausahaan harus dijalankan, dipraktekkan terlebih dahulu. Mentalitas wirausaha akan terasah dari pengalaman usaha. Disini pula terletak perbedaan kemampuan dalam menangkap dan memanfaatkan setiap peluang usaha yang ada.  Seseorang yang memiliki sensitifitas usaha (sense of business) yang tinggi akan dapat menangkap dan menyiasati peluang usaha tahun 2014 yang ada di sekitarnya.

Apalagi antara produk dengan pasar kadang sulit dipisahkan, kecuali untuk produk-produk berteknologi tinggi yang justru menciptakan pasar baru. Kaitan produk dan pasar ini terutama tampak dari produk yang memang dihasilkan atas dasar permintaan pasar. Dan peluang usaha banyak tercipta dari pertautan antara produk dan pasar. Itulah salah satu cara menyiasati peluang usaha tahun 2014.