Latest News

Pentingnya Peluang Usaha Kecil

Pentingnya Peluang Usaha Kecil

Bagaimana mencari peluang usaha kecil dan adakah strategi untuk mendorong tumbuhnya calon wirausahawan baru? Saat ini terdapat persoalan yang perlu mendapatkan perhatian kita semua, yaitu besarnya jumlah pengangguran terselubung atau setengah pengangguran yang ada di Negara kita.

Menurut data yang ada, hingga awal tahun 2010 jumlah pengangguran terselubung yang ada tercatat mencapai 32,80 juta orang atau 31,54 persen dari jumlah angkatan kerja yang ada. Setengah pengangguran ini umumnya tidak memiliki pekerjaan tetap atau bekerja kurang dari 35 jam perminggu. Kelompok setengah pengangguran ini, kalau dirata-rata penghasilan perbulannya tidak mencapai Rp 150 ribu.

Fakta ini memperlihatkan bahwa banyak angkatan kerja yang ada tidak terserap dalam sektor ekonomi formal yang ada. Sementara untuk memasuki sektor non-formal, mereka juga tidak memiliki bekal ketrampilan yang cukup untuk menciptakan usaha ekonomi produktif. Baca juga Peluang Bisnis 2014.

Kelompok masyarakat ini sebenarnya berada dalam posisi yang serba tanggung. Selain bekal ketrampilan yang kurang, modal terbatas, tak jarang pula mereka tidak atau kurang memiliki mental untuk terjun ke dunia bisnis. Untuk itu diperlukan langkah yang lebih taktis mengatasi problem ini, terutama dalam mengurangi jumlah jumlah pengangguran terselubung agarmenjadi lebih sejahtera. Diantaranya, selain menyediakan peluang usaha kecil termasuk peluang bisnis untuk mahasiswa juga bantuan pendampingan dan permodalan agar mereka bisa maju dan berkembang.