Latest News

Kreasi Mouse Komputer Anti Nyamuk


mouse komputer anti nyamuk
Sebuah kreasi unik berupa mouse komputer anti nyamuk berhasil diciptakan. Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta ( uny ), Heri Nurrohman, berhasil menciptakan alat pengusir nyamuk elektronik dengan menggunakan limbah mouse komputer.

Menurut Heri, alat temuannya tergolong ramah lingkungan dan tidak menyebabkan dampak negatif untuk manusia. Dia pun telah melakukan pengujian efektivitas alat yang dibuatnya dengan harga Rp 20 ribu saja itu. “Gelombang ultrasonik tidak mengganggu sistem dalam tubuh, ” tuturnya.

Pemakaian mouse komputer anti nyamuk ini amat sederhana yaitu dengan menghubungkan alat ke sumber listrik lantas tekan saklar pada posisi on. Bila LED telah menyala yang mengisyaratkan alat siap beroperasi, putar potensiometer menuju ke frekuensi tinggi serta alat siap dipakai. “Suara dengan frekuensi tinggi ini tidak dapat didengar oleh manusia, ” tuturnya.

mouse anti nyamuk
Dia menjelaskan sistem tangkap dari gelombang ultrasonik cuma pada auditory ( pendengaran ) hingga tidak menggangu sistem tubuh layaknya darah atau jantung. Namun sensitivitas frekuensi nada yang dapat ditangkap manusia yaitu 20 hz hingga 20 khz. Hasil dari gelombang ultrasonik itu juga cukup efisien untuk membunuh nyamuk terlebih aedes aegypti yang dapat mengakibatkan penyakit demam berdarah. “Gelombang ini tak lagi berikan dampak yang jelek pada kesehatan manusia,”jelasnya.

Disamping itu, dari serangkaian pengujian yang sudah dikerjakan pada 10 tempat tinggal, rata – rata gangguan/gigitan nyamuk yang berlangsung menyusut. Alat ini juga bisa mengusir nyamuk, tikus serta serangga yang lain. “Penggunaan mouse komputer anti nyamuk ini baiknya dipakai di tempat tertutup, dikarenakan alat ini bisa bekerja dengan baik pada situasi tertutup”ungkap Heri.

Alat ciptaan mahasiswa asal Bantul, DI Yogyakarta ini juga lebih murah apabila dibanding dengan harga alat sejenis di pasaran. Dia menyebutkan alat di pasaran hingga Rp 35 ribu sampai Rp 150 ribu. Namun biaya pembuatan alat ini cuma menggunakan 20 ribu saja serta telah banyak yang pesan kepadanya. “Tapi mouse komputer anti nyamuk ini masih butuh pengembangan lagi agar lebih optimal, ” pungkasnya.