Latest News

Kekuatan Dak Beton Keraton

Dak Beton Keraton

Dak beton Keraton merupakan material bangunan yang sangat inovatif dan menjadi alternatif  dalam membuat pelat lantai (nge-dak) bangunan. Banyak manfaat dan kelebihan material baru ini dibandingkan beton biasa yang dikenal selama ini.

Beberapa kelebihan dak keraton dibandingkan dak beton biasa diantaranya bobotnya yang ringan membuat struktur bangunan yang menggunakan dak keraton lebih aman dan lebih tahan dari getaran gempa. Apalagi dengan adanya rongga atau lubang dalam Keraton memudahkan bagi penghuninya untuk mengetahui tanda-tanda bila getaran terhadap bangunan terlalu berat sehingga dapat menyelamatkan diri terlebih dahulu.

Meskipun bobot beton keraton relatif ringan, namun material ini mampu menahan beban hingga 750 kg/m,  kekuatan ini relative setara dengan pelat lantai konvensional yang ada selama ini. Selain itu itemukan bahwa kekuatan beton keraton akan melendut pada beban diatas 900 kg/m2 dengan bentang 2,5 meter dan ini sudah diuji di laboratorium.

Dak Beton Keraton Sangat Ekonomis

Keuntungan lain dak keraton adalah dari segi proses pembangunan gedung atau rumahnya. Dibandingkan menggunakan teknik cor beton konvensional, pembangunan dengan dak keraton jauh lebih ekonomis, lebih efisien, dan lebih cepat.Itulah solusi dak keraton untuk rumah murah.

Pembangunan dengan dak keraton juga lebih hemat tenaga kerja dan waktu, dan juga lebih efisien karena dapat dikerjakan secara bersamaan dengan perkerjaan yang lain di lantai bawah atau pun di bagian atasnya.
Pembangunan rumah yang dilakukan dengan dak keraton juga lebih murah dibanding dengan plat beton konvensional biasa karena tidak lagi memerlukan banyak kayu stagger atau scafolding untuk penyangga cetakan pelat beton.

Selain lebih ringan sehingga mengurangi beban bangunan, dak rumah dengan beton keraton juga mampu meredam panas dan suara di sekitarnya, serta tahan bocor meskipun digunakan sebagai atap bangunan. Bahkan bentuk finishing dak beton Keraton tidak perlu ditutup plafon karena bentuknya yang unik dan dapat memberikan corak elemen estetika bagi penghuninya.