Latest News

Fungsi dan Cara Kerja Scanner LJK

Scanner LJK atau Lembar Jawab Komputer digunakan untuk melakukan koreksi terhadap lembar jawaban ujian piligan ganda (multiple choises) yang dilakukan berbagai lembaga pendidikan formal. Informasi tentang cara menggunakan perangkat keras scanner ini masih banyak dibutuhkan karena informasi ini masih kurang di internet. Termasuk bagaimana mengisi formulir maupun informasi tentang dua program penilaian yang berbeda.

Ada paket mesin koreksi yang lebih kuat dengan banyak fitur termasuk gradebook untuk melacak hasil dari semua tes. Sedangkan paket lainnya lebih sederhana yang dengan cepat mampu memindai dan mencetak hasil tes tunggal. Namun dari kedua model ini terdapat fasilitas atau fitur untuk mendistribusi atau mengolah hasilnya pada dalam bentuk DVD.

Scanner LJK


Cara Memilih Mesin Scanner LJK

Lantas bagaimana sih memilih mesin Scanner LJK yang terbaik? Saat ini kebanyakan orang lebih memilih untuk mendapatkan atau membeli mesin koreksi LJK dalam satu fungsi. Selainmampu melakukan scanning lembaran hasil tes, alat itu juga diharapkan juga berfungsi sebagai printer, mesin fotokopi, ataupun scan gambar.

Namun pilihan ini tentu saja kembali kepada kebutuhan konsumen dalam menggunakannya. Andabisa saja membeli mesin scanner yang berfungsi tunggal sebagai alat koreksi LJK saja ataupun multi fungsi. Anda juga bisa memilih mesin scanner LJK yang terbaik untuk kecepatan, scanner terbaik untuk melakukan koreksi, dan scanner yang terbaik untuk kemudahan dalam penggunaannya.

Berikut ini beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih alat scanner LJK.

1. Kemampuan Scanner Lembar Jawab Komputer

Menangani pengolahan lembar jawab komputer dalam jumlah besar membutuhkan keahlian khusus, baik menyangkut soal keamanan dan manajemen risiko yang ada. Apalagi jika proses scanning dilakukan untuk ujian yangberskala nasional, tentunya volume scanning yang tinggi melibatkan tantangan sekitar logistik, volume puncak saat mengelola, serta persyaratan waktu yang sangat ketat terkait dengan pengiriman yang aman dari hasil pemeriksaan LJK.

2. Proses Scanning

Setelah ujian selesai dilakukan maka lembar jawab komputer dikirim ke tempat scanning yang biasanya mampu memproses LJK dalam volume yang besar. Setiap paket LJK yang dipesan ke sistem smapai, maka aka nada pemindaian barcode setiap paket. Data ini segera di-upload ke mesin scanner untuk memungkinkan pemantauan kemajuan secara real time.

Setelah dilakukan scanning atau pemindaian, data dalam volume yang besar yang dihasilkan akan 'diindeks'. Ini berarti mereka diperiksa ulang untuk memastikan bahwa script LJK yang telah diperiksa dicocokkan datanya. Setelah selesai dilakukan peeriksaan dengan Scanner LJK, maka kertas LJK yang asli kemudian disimpan di gudang dengan keamanan tinggi untuk arsip.

Untuk informasi lebih jauh tentang mesin Scanner LJK kunjung http://www.est.co.id